Jawaban UAS Mata Kuliah Kapita Selekta



JAWABAN UAS KAPITA SELEKTA

1.  Ceritakan dan narasikan Aktiifitas dan pengalaman saudara dalam masa (WFH) Work From Home dan Learnig From Home (LFH) di masa Pandemic covid-19.
Jawaban :
Covid 19 menjadi wabah penyakit yang sangat meresahkan seluruh umat manusia di dunia. Merupakan penyakit yang sangat mudah menulat dan berdampak hingga kematian. Di karenakan wabah ini sudah sangat meresahkan terutama di Indonesia, mentri pendidikan mengambil kebijakan untuk melakukan pembelajaran secara online atau daring di rumah masing-masing untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus covid 19 agar tidak semakin parah . Dalam masa pandemic covid 19 ini pemerintah Indonesia menerapkan WFH (Work Form Home) untuk para pekerja dan LFH (Learning From Home) untuk para pelajar dan juga mahasiswa. Berdasarkan dari pengetahuan dan pengalaman yang terjadi di lingkungan saya dan pengalaman saya pribadi juga, WFH diterapkan hanya untuk para pegawai kantoran saja sedangkan untuk buruh pabrik tidak. Mungkin ada sebagian besar perusahaan menerapkan WFH ini dan ada yang tidak. Dan untuk penerapan LFH sudah dilakukan sejak virus covid 19 muncul dan mulai menyebar luas Indonesia. Dalam LFH ini diterapkan kepada seluruh siswa siswi SD, SMP, SMA bahkan anak TK dan mahasiswa juga menjalani pembelajaran secara online di rumah masing-masing.

2.    Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH Dan LFH di masa Pandemic covid-19.
Jawaban :
Selama masa penerapan WFH banyak berdampak pada perekonomian setiap masyarakat. Sedangkan pada penerapan LFH pembelajaran secara online akan terus dilakukan, tetapi menurut saya kurang efektif dikarenakan banyaknya kendala saat pembelajaran online. Menurut pengalaman saya selama kuliah online, banyak kendala yang menganggu saat perkuliahan online seperti jaringan yang harus stabil, harus adanya pekrt data yang mumpuni, dan dalam pemberian tugas dari bapak / ibu dosen sebisanya jangan memberikan tugas yang mengharuskan mahasiswa keluar rumah di masa pandemic covid 19 ini dikarenakan sama saja menurut saya diterapkannya LFH pembelajaran di rumah dan untuk meminimalisir penyebaran covid 19 tetapi malah diberikan tugas kelompok dan mengharuskan keluar rumah untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa di selesaikan bila tidak bertatap muka secara langsung. Dalam pengamatan saya pada penerapan LFH di tingkat sekolah dasar (SD) sangat tidak efisien karena media pembelajaran hanya berbasis via WhatsApp.

3.       Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi bermanfaat dalam menghadapi pandemik covid-19 dan New Normal.
Jawaban :
Opini saya tentang manfaat teknologi informasi dalam menghadapi pandemic covid 19 dan new normal. Dalam pandemic covid 19 ini teknologi informasi sangat berperan penting seperti contoh dalam penerapan WFH dan LFH, lalu dalam penyajian data dan penyiaran berita tentang perkembangan wabah virus covid 19 di Indonesia, media social seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya sangat berfungsi sebagai sumber berita termasuk Televisi dan media internet. Dikarenakan teknologi informasi sangat berpengaruh di masa pandemic covid 19 ini masyarakat harus dapat memahami dan belajar tentang tidak menerima berita yang di tampilkan secara mentah-mentah tanpa di piker kebenarannya terlebih dahulu, menggunakan media internet secara bijak dan dalam hal yang positif. Dengan demikian masyarakat lebih mengerti apa itu teknologi dan kegunaan teknologi.

Komentar

Postingan Populer